Struktur Tubuh Manusia dan Pengertian Sel serta Fungsinya

1181 views

Mengetahui  Struktur Tubuh Manusia dan Pengertian Sel serta Fungsinya

Rautasilta.Net - Anatomi manusia adalah sebuah bidang khusus dalam yang mempelajari struktur tubuh manusia. Ilmu yang mempelajari tentang Struktur tubuh manusia disebut dengan ilmu anatomi manusia.

Dalam Struktur tubuh manusia terdiri atas beberapa sistem. Sistem tersebut merupakan gabungan dari organ-organ tubuh yang menjalankan fungsi tertentu. Di dalam organ tersebut terdapat beberapa jaringan yang melakukan fungsi tertentu di dalam tubuh.

Struktur tubuh manusia terdiri atas sistem-sistem antara lain :

  1. Sistem rangka
  2. Sistem otot
  3. Sistem sirkulasi
  4. Sistem pernapasan
  5. Sistem indera
  6. Sistem pencernaan
  7. Sistem ekskresi
  8. Sistem reproduksi
  9. Sistem syaraf
  10. Sistem endokrin

Tubuh manusia terdiri dari beberapa macam organ. Dalam kumpulan beberapa organ tersebut membentuk sistem organ. Sepert contohnya dalam sistem pernapasan, sistem pencernaan dan sistem peredaran darah. Sedangkan dalam organ tubuh manusia, terdapat jantung, mata, lambung, telinga, paru-paru, hati dan kulit. Masing-masing organ tubuh tersebut mempunyai fungsi masing-masing. Selain itu dalam tubuh manusia terdiri atas sel.

Sel adalah bagian terkecil dari makhluk hidup dengan ukuran yang sangat kecil, sehingga hanya dapat dilihat dengan mikroskop saja. Setiap makhluk hidup yang bernyawa pasti dalam tubuhnya terdiri dari sebuah sel atau susunan susunan sel yang memiliki bentuk teratur.

Dalam sejarahnya, sel pertama kali dilihat sekitar tahun 1665, oleh seorang ilmuan Inggris bernama Robert Hooke yang tidak sengaja sedang mengamati penampang melintang sayatan tipis gabus dari batang tumbuhan dibawah mikroskop. Dalam pengamatannya, ia melihat ada rongga kosong segi enam yang mirip kamar sehingga dia menamakan sel. yang diambil dari kata "Cellula(kamar)" http://cutt.us/bahasainggrisoke .

Sedangkan pada tahun 1983 ada dua orang ahli dari Jerman yaitu, Mathias J. Schleiden dan Theodor schwan  membuktikan bahwa sel hidup bukanlan kamar kosong melainkan berisi cairan sitoplasma yang mendukung segala aktivitas dasar makhluk hidup. Kedua ahli tersebut kemudian membangun teori sel. Teori sel tersebut menyatakan bahwa semua makhluk hidup tersusun dari sel.

Sel memiliki beberapa fungsi dalam sistem tubuh manusia, antara lain: bertumbuh, bereproduksi, dan mentransformasi energi. Didalam sel terdapat organel, yang dikhususkan untuk melaksanakan aktivitas spesifik. Misalnya mitokondria menghasilkan energi untuk sel, dan ribososm penting untuk membuat protein. Sel tubuh pada umumnya menarik dan melepaskan air, menggunakan makanan dan oksigen untuk proses tubuh tertentu, dan mengeluarkan karbon dioksida dan limbah lainnya.

Demikian penjelasan yang diberikan tentang Struktur Tubuh Manusia dan Pengertian Sel serta Fungsinya .Terimakasih telah menyimak penjelasan diatas. Semoga dengan membaca artikel ini, dapat menambah pengetahuan para pembaca dan informasi yang diberikan bermanfaat.

Baca Juga :