Inilah Ciri-Ciri dan Jenis Burung Hantu

1612 views

Mengetahui Ciri-Ciri dan Jenis Burung Hantu

Rautasilta.Net - Burung hantu merupakan burung dari Ordo Strigiformes yang mencakup sekitar dua ratus jenis kebanyakan soliter dan burung pemangsa nokturnal yang dilambangkan oleh sikap tegak, kepala besar, luas, penglihatan binokular, pendengaran binaural, cakar tajam dan bulu-bulu yang diadaptasi untuk berkamuflase. Burung hantu termasuk hewan karnivora atau pemakan daging dan juga termasuk hewan nokturnal atau aktif pada malam hari.

Burung hantu kebanyakan berburu mamalia kecil, serangga dan burung-burung lain meskipun beberapa spesies mengkhususkan diri dalam berburu ikan. Mereka ditemukan di semua wilayah di bumi kecuali Antartika dan beberapa pulau terpencil. Burung hantu dibagi menjadi dua famili yaitu Strigidae; burung hantu benar atau burung hantu yang khas dan Tytonidae; burung hantu.

Burung hantu memiliki mata dan lubang telinga besar menghadap ke depan, wajah datar mirip elang dan biasanya memiliki lingkaran bulu mencolok mengelilingi mata, memiliki paruh yang tajam dan cakarr yang kuat. Burung hantu dapat memutar kepala dan leher mereka hingga 270 derajat. Burung hantu memiliki empat belas tulang leher yang membuat leher mereka lebih fleksibel.

Berbeda spesies burung hantu maka menghasilkan suara yang berbeda pula; fungsi suara ini adalah untuk membantu burung hantu dalam menemukan pasangan atau mengumumkan kehadiran mereka untuk pesaing, dan juga membantu ahli ilmu burung dalam menemukan burung-burung ini dan membedakan spesiesnya.

Bulu burung hantu umumnya samar, meskipun beberapa spesies mempunyai tanda-tanda wajah dan kepala, termasuk masker atau topeng wajah, jumbai telinga dan iris berwarna cerah. Tanda-tanda ini umumnya lebih umum pada spesies yang menghuni habitat terbuka, dan diduga untuk memberi sinyal pada burung hantu lain dalam kondisi cahaya rendah.

Telur burung hantu biasanya memiliki warna putih dan berbentuk hampir bulat, dan betina dapat bertelur hingga selusin (12 butir) tergantung pada jenis dan musim tertentu. Dalam setidaknya satu spesies, namun umumnya hanya sekitar 3 atau 4 butir saja. Burung hantu betina tidak kawin dengan jantan yang sama semasa hidup. Hal ini umum bagi betina burrowing owl karena mereka melakukan perjalanan dan menemukan pasangan, sedangkan jantan hanya tinggal di wilayahnya dan berpasangan dengan betina lain.

Burung hantu yang terkecil beratnya hanya 31 gram dan panjang 13,5 cm adalah elf owl (Micrathene whitneyi) sedangkan burung hantu terbesar adalah great grey owl (Strix nebulosa) yang ukuran rata-rata sekitar 70 cm dan dapat mencapai panjang 84 cm. http://www.faunadanflora.com/ Namun, yang paling berat dan bersayap terbesar adalah burung hantu eagle Eurasia-owl (Bubo bubo) dan Blakiston's fish owl (B. blakistoni).  2 spesies ini rata-rata memilki panjang sekitar 2,53 cm tetapi lebar sayapnya mencapai 2 m dan berat sekitar 4,5 kg untuk betina terbesar.

Demikian penjelasan yang diberikan tentang Ciri-Ciri dan Jenis Burung Hantu .Terimakasih telah menyimak penjelasan diatas. Semoga dengan membaca artikel ini, dapat menambah pengetahuan para pembaca dan informasi yang diberikan bermanfaat.

Baca Juga : 

Comments are closed.

Author: 
    author
    No related post!