Gangguan Pencernaan

1612 views

rautasilta.net - Gangguan pada sistem pencernaan sering kita rasakan. Gangguan ini biasanya terjadi karena pada makanan yang kita makan terdapat bakteri yang tidak baik bagi tubuh, pola makan yang tidak teratur, makanan yang kurang bersih, kesimbangan nutrisi yang tidak pas, terdapat infeksi pada saluran ataupun kelainan pada organ pencernaan.

Gangguan Pencernaan

Beberapa gangguan pada pencernaan:

- Gastritis
Gangguan ini erjadi karena adanya peradangan yang akut pada lapsan mkosa atau lendir dinding lambung. Faktor yang menyebabkan gangguan in adalah makanan yang mengandung kuman atau juga karena kadar klorida atau HCL pada lambung terlalu tinggi.

- Hepatitis
Panyakit ii terjad karena infeksi virus pada hati. Virus ini dapat masuk kedalam tubuh melalui makanan atau minuman yang kita konsumsi.

- Diare
Diare dapat terjadi karena adanya iritasi pada selaput dinding usus besar atau pada kolon. Orang yang gerkena diare fesesnya akan berbentuk cairan. Penyakt ini terjadi karena penderita memakan makanan yang terdapat bakteri didalamnya. Sehingga berakibat geraka peristaltic dalam usus tidak terkontrol dan menyebabkan laju makanan cepat dan usus tidak dapat menyerap air. Akan tetapi jika feses bercampur antara darah dan nanah serta dibarengi rasa mulas pada perut, kemungkinan itu menunjukan gejala disentri. Ini disebabkan oleh bakteri Shigella pada dinding usus besarĀ seputarpendidikan.com

- Konstipasi
Penyakt ini sering disebut sembelit atau konstipasi. Penyakit ini adalah keadaan dimana feses mengeras sehingga akan susah dikeluarkan. Sembelit erjadi karena adanya penyerapan air yang berlebihan pada sisa makanan. Ini terajadi akibat kebiasaan menunda buang ait besar, kurngnya mengkonsumsi makanan yang berserat. Karenanya banyak - banyak makan sayur dan buah serta air puih untuk mncegah sembelit.

- Apenditis
Apendistis atau yang sering disebut usus buntu terjadi karena adanya peradanngan pada apendiks. Karena adanya infeksi bakteri padaumbai cacing akbiatnya terasa nyeri pada perut kanan bagian bawah.

- Wasir atau Hemoroid atau Ambeyen
Penyakit ini merpakan gangguan pada pembuluh vena disekitar anus, pembuluh vena mengalami pambengkakan. Penderita biasanya terlalu sering duduk dalam beraktivitas dan ibu hamil juga sering terkena wasir.

- Maag
Penderita Maag biasanya merasakan nyeri berlebih pada lambung disertai rasa mual , muntah serta perut kembung. Ini karena meningkatnya tinggkat asam lambung yang dipicu karena fikiran yang tegang, pola makan yang tidak teratur dan lain - lain.

- Keracunan
Keracunan dapat terjadi karea kita memakan makanan yang mengandung bakteri jahat seperti Salmonela yang dapat menyebabkan tifus.

- Tukak Lambung
Ini merupakan salah satu kelainan pada sistem pencernaan yakni terjadinya kerusakan pada selaput lendir. Ini akan terjadi karena kuman, toksin, cemas, takut, stres dan kelelahan yang merangsang psikomatis yang dapat merangsang HCL di lambung. Karena HCL meningkat maka selaput lendir akan rusak.

- Kurang Gizi atau Malnutrisi
Penyakit yang terjadi karena terganggunya pembentukan enzim pencernaan. Ini disebabkan oleh sel - sel pankreas atroi kehilangan banyak reticulum endoplasma.

Baca Juga >>>

Tags: #Apenditis #Diare #Gastritis #Hepatitis #Keracunan #Konstipasi #Kurang Gizi atau Malnutrisi #Maag #pencernaan #Tukak Lambung #Wasir atau Hemoroid atau Ambeyen