Fadlan Muhammad Bersepeda dengan Hati

428 views

 

rautasilta.net - Jakarta Aktor sekaligus presenter Fadlan Muhammad adalah salah satu yang rutin dan gemar berolahraga sepeda. Berbagai manfaat dengan berolahraga sepeda turut ia rasakan ketika menjalani olahraga sepeda di tengah kesibukannya yang padat. Demi menjaga kesehatan agar tidak drop, bersepeda dapat menjaga stabilitas kesehatan.

fadlan

Salah satu yang penting dilakukan demi kesehatan tetap terjaga adalah menjalani olahraga. Ya, bersepeda beberapa tahun belakangan ini makin digemari. Sejak kali pertama diperkenalkan di abad 19 di Eropa, berolahraga sepeda semakin menjamur ke seluruh dunia.

Fadlan Muhammad, yang berkesempatan menjadi salah satu narasumber dalam HUT Bintang.com yang ke-2 tahun dengan tema olahraga Spirit of Entertainment. Bersama 18 artis yang gemar berolahraga lainnya, Fadlan mengatakan pentingnya berolahraga khususnya manfaat berolahraga sepeda yang ia lakukan selama ini.

Membagi waktu antara karirnya sebagai presenter sekaligus aktor di dunia entertainment dengan menjaga kesehatannya ia curahkan dalam wawancara eksklusif bersama Bintang.com.

"Olahraga itu amat sangat penting bagi saya, kesibukan yang padat juga harus dijaga dengan namanya berolahraga. Kebetulan memang banyak cabang olahraga yang saya gemari, yang paling saya tekunin saat ini ya olahraga sepeda tentunya," kata Fadlan dalam saat diwawancara Eksklusif Bintang.com oleh Syaiful Bahri dan Basyir Latifan di SCTV Tower, Senayan, Jakarta baru-baru ini.

Dari wawancara tersebut, pria kelahiran 5 Juni 1977 silam ini berbagi informasi mulai dari ia menyukai olahraga bersepeda, manfaat yang ia rasakan dalam berolahraga sepeda, serta alasan kenapa ia memilih olahraga sepeda sebagai cabang olahraga yang ia geluti saat ini.

Tak hanya itu, ia juga menceritakan dengan berolahraga sepeda, selain manfaat untuk kesehatannya ia juga berbagi bagaimana berolahraga sepeda tak sekedar olahraga namun juga menjadi bagian dari hobinya saat ini.

Fadlan Muhammad memulai kegemarannya dari iseng. Tergoda pada kru syuting yang lebih dulu memulai hobi bersepeda, Fadlan mulai mencari tahu detail sepeda yang cocok untuk dirinya. Sejak saat itulah Fadlan mulai rutin bersepeda.

Sebagai publik figur yang cukup padat beraktivitas, olahraga apa yang anda geluti untuk menjaga kesehatan?
Olahraga sih banyak yang gua lakuin yah, gua suka main basket, lari-lari, nge-gym. Tapi yang saat ini olahraga yang bener-bener bisa bikin gua suka dan ngeluarin duit banyak tuh olahraga sepeda Profil Bill Gates

Alasannya kenapa pilih olahraga sepeda dibanding olahraga lainnya?
Sama olahraga lain sih suka juga. Kalau sepeda, awalnya sih enggak terlalu suka, kalau dulu kecil sih ya hobi lah pasti main sepedaan kan. Jadi cerita awal gua mulai suka sama olahraga sepeda ini pas lagi syuting dulu, main sama kru. Para kru di lokasi syuting ngeracunin gua main sepeda. Dan akhirnya ikutan kumpul tuh, gua masih pake sepeda biasa waktu itu. Nah, habis kumpul sama mereka, gua liat sepeda mereka tuh gila mahal-mahal bangat, enteng pula, nyaman beda sama sepeda punya gua. Dan pas nyobain sepeda yang mereka punya, yang agak mahalan gua bilang ‘gua harus beli nih yang kayak gini’, enak bangat, nyaman.

Langsung kepincut dan beli sepeda?
Ya gua mau langsung beli, tapi kata temen gua itu jangan langsung beli jadi. Gua disuruh beli satu persatu gitu, custom pokoknya. Gua ikutin, beli satu persatu eh malah ketagihan. Akhirnya beli, terus jadi lah sepeda dan cobain masih ada kurang puas jadi ganti lagi ganti lagi sampai sekarang pun masih.

Berapa biaya custom sampe akhirnya jadi sepeda?
Nah, sepeda ini gua bilang cukup mengeluarkan banyak biaya yah. Velg sepedanya, satu tuh harga Rp10 juta. Mahal asli, ampun dah. Awalnya sih enggak siapin budget khusus untuk hal ini (sepeda). Tapi sambil berjalan, gua ya jeleknya gitu kalau udah suka sama sesuatu, budget begitu aja dah keluarnya gak pake mikir. Dulu gua sempet main air soft gun, sama tuh. Suka dulu, dan keluar banyak duit juga.

Biaya kan mahal, istri dukung gak?
Nah, haha. Kalau komentar sih ada, tapi Alhamdulillahnya, istri tuh orangnya tipe yang suaminya kalau suka dan itu positif ya santai-santai aja. Dia sih bilang jangan boros-boros. Bahkan kalau budget gua abis, istri yang talangin tuh beliin haha. Dia tau cara bikin gua senang.

Istri enggak suka sepedaan juga?
Awalnya enggak, dan gua bikinin satu sepeda buat dia dan kita sepedaan bareng. Kalau sekarang sih kan dia udah pakaian syar'I, jadi agak bingung kalau naik sepedaan, jadi gua bilang pake celana olahraga aja, intinya kita berdua suka bersepedaan.

Ke lokasi syuting naik sepeda pernah?
Pernah. Gua syuting di PH daerah Bintaro, karena gua tinggal deket Pondok Aren, arrange waktu 7-9 Kilo, dan gua nekat bawa sepeda ke lokasi syuting bolak-balik. Asyik pokoknya. Sepeda itu gak bikin kita kapok, jadi bikin ketagihan sampai kita mikir kalau enggak naik sepeda tuh ada yang kurang aja pokoknya. Beda deh kalau udah suka mah.

Manfaat bersepeda buat lu sebagai publik figur?
Gua kan kalau malam banyak pikiran, karena banyak kerjaan, syuting, kadang kerjaan kantor juga masih ada dan jadi pikiran. Di rumah jadi terganggu konsentrasinya, ada anak-anak, istri. Nah, kalau gua lagi cari inspirasi, mau cari solusi dari masalah ya gua sepedaan. Dengan bersepeda, gua jalan sambil tutup kuping pake earphone dan bisa mikir tuh enak, sensasinya enak. Bahkan pernah, dari Pondok Aren, gua sampe ke Senayan bolak-balik.

Sepeda untuk Menjaga Penampilan

Fadlan Muhammad memetik buah kesehatan dari hobinya berolahraga sepeda. Karena berawal dari hobi, maka tak ada rasa bosan yang dirasakannya. Untuk penampilannya yang harus prima, berkat olahraga sepeda penampilan Fadlan selalu prima di depan kamera.

Dari bersepeda gimana rasanya untuk kesehatan tubuh?
Gua ngerasa dengan menggerakkan tubuh tuh pasti ada efek positifnya buat tubuh kita. Yang pertama, stamina gua lebih mantap, terus berat badan gua lebih terjaga, kalau naik pun cepet turunnya berat badan gua. Lalu, gua banyak keluarin keringet dan itu sehat. Kemudian pastinya bagus untuk jantung, lebih kuat.

Bersepeda di Jakarta, tracknya masih minim. Gimana menurut anda?
Ya memang pinginnya kita yang bersepeda itu ada tracknya. Tingkat bahaya bersepeda di jalan itu ada kan. Sebelum pemerintah menyediakan track bagi penggemar sepeda, kita lebih aware sendiri sama keselamatan. Pertama jangan ambil jalur yang membahayakan, kedua safety first kayak helm, dekker buat keselamatan kita juga kan.

Suka sepeda, pernah ikutan ajang perlombaan atau event-event sepeda gitu gak?
Gua belum sempet bisa masuk ke ranah itu. Karena kesibukan gua masih banyak habis di lokasi dan belum bisa gua pake ke yang begituan. Kalau waktu kosong ya tentu buat keluarga.

Gabung sama komunitas sepeda juga?
Nah, kalau gabung sama komunitas sepeda itu karena kru kru. Gua jadi ikutan acara mereka, Live behind The Bar gitu, itu klub lama ikutan jalan ke kota Tua, kemana-mana pokoknya. Itu asli, gak ada capeknya, asyik iring-iringan, nikmat banget. Sometimes, buat kita kan pekerja, jadi gak harus pagi, malam bersepedaan pun kita jalan, kumpul di mana jalan deh.

Bagi waktu antara karir dan hobi anda bersepeda?
Ya, olahraga itu kewajiban juga. Bekerja juga kewajiban gua, dan keduanya harus dbagi secara baik, gua tata dengan betul supaya gua bisa jalanin satu persatu.

Di lokasi syuting juga olahraga gak?
Di lokasi sih enggak, gua biasanya di rumah sebelum berangkat tuh biasa angkat burble, lari-lari gitu, push up, selesai mandi baru berangkat syuting.

Apa yang mau dbentuk dari tubuh sekarang dengan berolahraga?
Paling ngejaga aja, bentuk apa lagi ini udah gede haha. Gak ada niatan pengen kotak-kotak gitu, six pack. Niat gua satu, yang penting pake baju perut gua gak keliatan gendut, terus baju gua masih muat. Terutama jas, haha.

Udah proporsional sekarang badannya?
Sekarang stay, gak turun gak naik drastis. Makan sih kurang teratur, tapi tetap makan. Artinya suka lupa sama makan, gua tuh laper dulu baru makan. Pantangan minyak sih, kolestrol gitu, karbohidrat gua hindarin juga.

Nah, Bicara aktivitas anda, jangka pendek dan jangka panjang Fadlan seperti apa ke depannya?
Jangka pendek, Alhamdulillah Allah masih kasih saya kesempatan buat saya di dunia entertaintment. Lalu saya masih dikasih kesempatan menghibur pemirsa di rumah, masyarakat Indonesia. Saya berusaha semaksimal mungkin jalanin kepercayaan yang dikasih ke saya sampai saat ini dan moga bermanfaat.

Jangka panjangnya, saya lagi tata bisnis properti. Lagi bangun salah satu properti di daerah Batu, Insya Allah akan diperjualbelikan. Sekarang sudah 90 persen mau ke pembangunan. Kan saya lulusan arsitek, jadi mau coba ke bisnis properti ini. Dan maunya bisa bikin properti yang Syariah, gak kena bunga, bisa untuk keluarga kecil dan nyicil tanpa bunga.

Main bisnis ini karena terinspirasi sama siapa?
Ya banyak yang main juga di properti, cuma gua lihat kan masih ada sisi Riba, jadi gua mau coba hal Syariah ini, pure jalanin bisnis yang gak melibatkan Bank atau berbau Riba.

Semangat menjalani hobi bersepeda membawa dampak positif pada kehidupan Fadlan Muhammad. Kebutuhan untuk tampil prima di depan kamera juga terpenuhi karena Fadlan rajin olahraga. Semangat dan konsistensi olahraga mengantar Fadlan yang tak ragu mencoba hal baru.

Baca Juga :

Tags: #artis #entertainer #fadlan