Cara Melatih dan Mengajarkan Anak Menghargai Perbedaan Fisik

1116 views

Cara Melatih dan Mengajarkan Anak Menghargai Perbedaan Fisik

www.rautasilta.net - Biasanya perbedaan yang seperti ini akan mulai ditangkap anak-anak di usia 4 tahun ke atas. Yang mana pada usia ini anak-anak sudah dpat memahami kondisi dirinya dan orang lain. Selain hal tersebut, juga akan tumbuh sikap yang baru dalam diri anak, yakni kemampuan untuk memulai membandingkan apa yang telah dimiliki dengan orang lain. yang mana saat mereka mendapati hal yang dimiliki orang lai tak sama dengan apa yang telah dia tahu, maka secara otomatis mereka akan bertanya pada Anda, begitu pula saat anak Anda menyaksikan perbedan fisik yang telah dimiliki oleh orang lain.

Cara Melatih dan Mengajarkan Anak Menghargai Perbedaan Fisik

Nah, sebagai orangtua yang baik, sudah tugas Anda untuk dapat mendidik dan juga memanage sikap anak supaya pada saat dihadapkan dengan lingkungannya anak bisa memilah mana yang boleh dan juga mana yang tidak boleh dilakukan. Mengajarkan anak mengenai bagaimana menghargai ornag lain, mungkin saja akan jadi suatu hal yang sulit. Selain hal tersebut, tantangan dan juga halangan akan mungkin Anda peroleh. Seperti halnya ada banyak sekali pertanyaan dari sih kecil, kesulitan sih kecil untuk bisa menyerap alasan, dan lain-lain.

Cara melatih dan mengajarkan anak hargai perbedaan fisik

Latih anak agar mau dan berani memberi pengaruh baik pada temannya

Saat anak Anda sudah mendapat pemahaman baru tentang perbedaan fisik orang lain yang mereka lihat sendiri. Anak juga perlu sekali diberi pemahaman supaya mereka bisa memberi pengaruh yang positif pada temannya. Saat anak bermain bersama teman dan melihat orang lain yang mempunyai keterbatasan fisik, maka tak sepatutnya mereka mengolok-olok. Sebaliknya, mereka harus membantu dan juga saling berbagi. Nah, tanamkan saja pada diri anak Anda bahwsannya menghibur dan juga menyenangkan orang lain adalah pahala.

Ajak lakukan permainan empati

Menjelaskan teori saling menghargai orang lain saja, tak akan cukup untuk menjadikan anak Anda merasakan betapa sulit jadi seseorang dengan keterbatasan fisik. Untuk itu, orangtua harus mengajarkan pada anak dan mengajaknya melakukan permainan empati. Yang mana dalam hal ini Anda dapat berperan sebagai orang biasa sementara itu anak Anda jadi orang dengan keterbatasa fisik. Buatlah mereka mengerti bagaimana rasanya dan juga susahnya hidup dengan keterbatasan, dengan demikian anak Anda akan paham benar bagaimana menghargai.

Bacakan cerita inspirasi tentang orang keterbatasan dapat berhasil

http://www.kuliahbahasainggris.com/report-text-pengertian-tujuan-generic-structure-dan-contoh-terlengkap/ Bacakan saja cerita pada anak atau pun Anda dapat mengakses media internet untuk memberi anak inspirasi bahwasannya orang yang mempunyai keterbatasan bukan berarti orang yang tidak bisa lakukan apa-apa. Ada banyak sekali kisah inspirasi yang menjadikan orang keterbatasan dapat sukses bahkan kesuksesannya tersebut bisa lampaui orang yang normal.

Demikian cara melatih dan mengajarkan anak menghargai perbedaan fisik yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :