Cara Bangun dan Tumbuhkan Jiwa Sportif pada Diri Anak

1532 views

Cara Bangun dan Tumbuhkan Jiwa Sportif pada Diri Anak

www.rautasilta.net - Menumbuhkan anak berjiwa sportif dan bisa menerima kekalahannya dengan lapang dada harus sekali ditumbuhkan seja usia dini. Hal yang demikian ini juga bisa membangun semangat dalam diri anak saat berkompetisi secara positif dan mempengaruhi kesuksesaan anak dalam dunia persaingannya nanti.

Cara Bangun dan Tumbuhkan Jiwa Sportif pada Diri Anak

Akan tetapi sayangnya, sebagian orangtua, tidak mudah mengatakan apa yang semestinya dirasakan oleh anak. Anak dengan usia dini, lebih cenderung melihat banyak hal dengan pandangan hitam putih, sehingga akan sangat sulit sekali baginya untuk menerima pandangan orangtuanya. Untuk itu, menyampaikan pada diri anak untuk dapat bersikap yang spotif pada sesuatu, tak cukup hanya berlandas teori atau pun nasihat saja.

Sikap sportif pada diri anak bisa dilihat diantara pada sikapnya dalam menghormati serta menghargai teman dalam satu tim, lawannya, serta pelatihnya. Untuk itulah, akan jadi lebih mudah mengajarkan anak bersikap yang sportif dan juga membangun sikap tersebut dalam dirinya apabila mereka juga tumbuh pada lingkungan dimana orangtua atau orang dewasa selalu bersikap yang sportif pula.

Cara bangun dan tumbuhkan jiwa sportif pada diri anak

Pada saat anak kalah dalam sebuah pertandingan yang telah diikuti. Hal yang demikian ini jadi menimbulkan tekanan yang cukup besar dalam dirinya. Apabila ditambah dengan ekspresi dan juag rasa kecewa dari orangtuanya yang ditunjukan pada anak, maka sudah dapat dipastikan saja, tekanan yang ada di pundaknya akan jadi semakin besar. Dengan begitu saat anak kalah ada baiknya tak menunjukkan kesedihan, kekecewaan, atau kemarahan Anda pada mereka. Sebaliknya, beri dukungan dan juga semangat bahwasannya mereka sudah melakukan yang terbaik.

Selain hal tersebut, yakinkan pada diri anak Anda bahwasannya kelakalahan tak akan menjadikannya terhina, sebaliknya pada saat mereka dapat menerima kekalahannya, ini yang akan menjadikan mereka lebih terhormat dan juga bijaksana. Ajarkan pada diri anak Anda untuk bisa menerima dan juga memberi apresiasinya pada kemenangan lawan. Lalu bantulah anak Anda dalam mengevaluasai pertandingannya serta mempelajari kekalahan dan juga kekurangannya. Hanya dengan seperti ini, maka jiwa sportifitas mereka nanti akan terbangun dan kesuksesaannya pun akan bisa dia raih dengan cara yang fair.

http://www.kuliahbahasainggris.com/333-kata-bijak-cinta-bahasa-inggris-dan-artinya/ Mengajarkan dan juga membangun jiwa sportifitas di dalam diri anak harus sekali Anda tanamkan sejak usia dini. Hal yang demikian ini tak hanya akan membantu mereka menerima kekalahannya dengan berlapang dada. Akan tetapi juga bisa membantu mereka dalam meraih kesuksesannya dengan lebih baik lagi dan juga memacu semangatnya untuk bisa lebih berkibar.

Demikianlah sekilas informasi tentang cara bangun dan tumbuhkan jiwa sportif pada diri anak yang bisa kami bagikan. Semoga saja bisa bermanfaat.

Baca Juga :