5 Fakta Keteladanan Bung Hatta Yang Bisa Bikin Kamu Merinding

959 views

5 Fakta Keteladanan Bung Hatta Yang Bisa Bikin Kamu Merinding

5 Fakta Keteladanan Bung Hatta Yang Bisa Bikin Kamu Merinding

rautasilta.net - Mohammad Hatta merupakan wakil Presiden pertama Indonesia yang mengajarkan kepada kita bahwa, menjadi sederhana itu sesuatu hal yang patut ditiru. Dirinya pun mengajarkan kepada kita, tidak harus menjadi orang yang kaya untuk menjadi pria terhormat.
Sangat banyak kisah dari beliau yang patut kita tiru. Kali ini mari kita bahas sedikit tentang beliau, tentang kesederhanaan beliau, yang sangat menggetarkan hati.

1.Dana taktis wapres

Pernah dirinya suatu waktu mendapatkan uang sebesar Rp 25 ribu, yang merupakan dana taktis wakil presiden. Lalu ia menyuruh asisten beliau untuk mengembalikan uang tersebut.

Walaupun dirinya bukanlah orang yang kaya, namungaji beliau habis untuk digunakan membeli buku. Beliau gak pernah mau memakan suatu yang bukan miliknya
2.Sulit membayar listrik bulanan

Hatta mendpatkanuang pensiun saat itu sebesar Rp 3000 ribu. Dirinya tinggal bersama seorang istri dan 3 orang anak. Dirinya pun sempat merasakan bagaimana sulitnya, hanya sekedar untuk membayar tagihan listrik

Sebenarnya banyak jabatan yang ditawarkan kepada beliau, namun semua jabatan tersebut ia tolak. Dia tanggung tidak bisa menanggung beban amanat yang akan diberikan kepada beliau.

 

Dikutip dariĀ http://www.databio.net/
3.Tak mampu beli sepatu
Bung Hatta sempat mengidamkan sepatu Bally, waktu itu dirinya sedang berjalan-jalan di luar negri di area pertokoan. Dan saat dirinya melewati suatu toko, terpampang jelas sepatu Bally tersebut di balik kaca toko tersebut.

Hingga dirinya meninggal, ia belum mampu untuk mewujudkan keinginannya tersebut. Karna sangat mengidamkan sepatu tersebut, dirinya sempat menyimpan guntingan iklan sepatu tersebu yang ia selipkan di dompetnya. Semu kisah ini disampaikan oleh Iding Wangsa Widjaja yang merupakan assisten pribadi Bung Hatta.

Andaikan Bung Hatta mau memanfaatkan kekuasaannya, tentu saja sangat mudah untuk dirinya memenuhi semua keinginannya. Salah satunya untuk membeli sepatu Bally tersebut.
4.Tabungan untuk mesin jahit

Bung Hatta menikahi seorang gadis yang kala itu masih berumur 19 tahun terpaut jauh 24 tahun dari umur beliau. Dirinya memang pernah bertekad untuk tidak mau menikah, sebelum Indonesia merdeka. Dan hanya satu wanita tersebut yang pernah ia kenal dalam hidupnya untuk menjadi orang yang mendampingi hidupnya.

Rachmi Rahim, dialah perempuan beruntung yang pernah hidup menjadi seorang Bung Hatta. Mereka menikah di sebuah villa di Bogor. Hal yang unik adalah, Bung Hatta menjadikanbuku karangan nya yang berjudul Alam Pikiran Yunani sebagai mas kawin. Hal tersebut pun sempat menjadi protes dari keluarganya.

Bahkan ada guyonan tentang beliau, bahwa Yuke, sebutan akrab dari istrinya, merupakan istri ke 3 dari Bung Hatta. Bahwa istri pertam beliau adalah buku, yang kedua buku, baru yang ketiga adalah Yuke. Hehehe

Kehidupan keluarga mereka begitu sangat harmonis. Segala perjalanan hidup mereka arungi berdua. Dari kisah suka, dan tak jarang kisah duka pun kerap kali mereka rasakan.

Hingga suatu saat Hatta harus mundur dari kursi wakil presiden yang ia jabat. Semua itu karna dirinya kecewa melihat soekarno saat itu menjadi seorang diktator. Hatta enggan memakan suatu hal yang bukan seharusnya menjadi miliknya.

Kurang lebih hampir selama 35 tahun Yuke hidup bersama Bung Hatta, hingga akhirnya Bung Hatta harus meninggalkannya terlebih dahulu untuk selama-lamanya pada tanggal 14 Maret 1980.

Dan pada suatu hari, Rachmi ingin sekali memiliki mesin jahit yang sangat ia idamkan, namun Bung Hatta hanya menyuruh Rachmi untuk terus bersabar dan menabung lagi, hingga benar benar mampu membeli mesin jaht tersebut
5.Naik haji dengan hasil tabungan

Memang tidak ada habisnya jika mau membahas tentang kesederhanaan beliau. Salah satu kisah yang sangat mengharukan ialah saat dirinya ingin menunaikan ibadah haji bersama istri dan kedua saudarinya.

Dirinya ditawarkan menggunakan pesawat terbang yang semua biaya nya ditanggung oleh negara. Namun hal tersebut di tolak, dirinya ingin berangkat haji layaknya seperti rakyat biasa, dia menggunakan uang hasil honorarium penerbitan beberapa bukunya

Sangat berbeda jauh dengan kenyataan sekarang. Yang semua fasilitas negaranya bukan hanya untuk kepentingan pribadi, namun sudah menyebar hingga kepentingan keluarga.

Baca juga :

Harga Terbaru dan Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 4 Lengkap
Bunda, Ini Lho Manfaat Membaca Cerita pada Anak
Buat Anak Cerdas dengan Permainan Puzzle

Tags: #5 Fakta Keteladanan Bung Hatta Yang Bisa Bikin Kamu Merinding